Saturday 26 December 2015

Makam Mbah Sayyid Sulaiman Jombang

Makam Mbah Sayyid Sulaiman Jombang

Makam Mbah Sayyid Sulaiman terdapat di Dusun Rejo Slamet, Desa
Mancilan, Kecamatan Mojoagung Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Makam
Mbah Sayyid Sulaiman ini selain dikenal sebagai tempat bersejarah
sekaligus dikeramatkan. Setiap malam Jum'at Legi selalu dipadati
ribuan pengunjung. Sayyid Sulaiman adalah tokoh penyebar agama Islam
yang datang dari Yaman yang menurut beberapa sumber mengatakan bahwa
keluarga beliau adalah keturunan langsung dari nabi Muhammad SAW
dengan marga Basyaiban.

Sebagian besar masyarakat Jawa masih melakukan berbagai macam jenis
kegiatan spiritual (lelaku) demi sebuah pencapaian makna hidup yang
sesungguhnya dan untuk keselamatan hidup di dunia dan di akhirat
kelak. Gambaran kehidupan yang seperti itu tidak terlepas dari sebuah
karakteristik masyarakat yang masih mempertahankan tradisi kehidupan
kejawen. Segala perilaku orang Jawa selalu terikat pada suatu aspek
kepercayaan pada hal-hal tertentu yang menjadikan perilaku hidup orang
Jawa didominasi oleh sistem berpikir mistis. Sistem berpikir
masyarakat Jawa yang mistis juga tidak terlepas dari keyakinan yang
kuat terhadap mitos yang sangat kuat. Mereka kemudian tidak
segan-segan untuk menyatakan suatu objek bersifat keramat dan diyakini
membawa berkah. Salah satu dari tempat keramat tersebut adalah sebuah
makam, kuburan atau pesarean, terutama makam para wali, tokoh
agamamaupun tokoh kharismatik yang lain.

Dalam menjalankan kehidupan di dunia, manusia selalu berusaha untuk
memenuhi kebutuhan hidupnya untuk mencapai kebahagiaan, namun jika
semua kebutuhan hidup tersebut dirasakan sebagai sesuatu yang hampa
tanpa makna, maka tidak jarang orang rela melepaskan semua apa yang
dimilikinya saat itu, misalnya keluarga, harta benda maupun pekerjaan
untuk berkelana untuk mengenal hakekat diri dan Illahi.

Perjalanan spiritual dari makam ke makam pun dijalankan seseorang
untuk mengawali pengembaraan mencari sesuatu yang tidak bisa
dijelaskan dengan kata-kata. Sarkub atau Sarjana Kuburan adalah
sebuah gelar yang diberikan kepada mereka-mereka yang suka mengembara
dari makam-ke makam. Pengembaraan dari makam ke makam menghabiskan
waktu yang cukup lama tergantung dari masing-masing pribadi Sarkub.
Perjalanan tersebut ditempuh dengan berjalan kaki, menelusuri
perkampungan, rel-rel kereta api dan jalan raya.

1 comments:

  1. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


    ReplyDelete